Tingkatkan Kualitas Kinerja, Sekretariat DPRD Terus Optimalkan Pelayanan Masyarakat

December 21, 2021 2:36 pm

Sekretariat DPRD (Setwan) Provinsi DKI Jakarta menghadiri agenda penilaian evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang digelar secara virtual oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Selasa (21/12).

Sekertaris DPRD DKI Jakarta Firmansyah mengatakan, sejauh ini pihaknya mendukung berbagai upaya yang dilakukan berdasarkan program Pemprov DKI Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas layanan Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai arahan Gubernur.

“Jadi kalau dari Sekretariat DPRD DKI, kita juga sudah membuat semacam perjanjian kinerja mulai dari top management sampai staf. Selain fasilitasi kepada pimpinan dan anggota dewan, tentu kita juga optimalkan fungsi layanan kita kepada masyarakat,” katanya di Gedung DPRD DKI.

Layanan masyarakat yang terus dioptimalkan Sekretariat DPRD DKI, dikatakan Firmansyah, meliputi tindak lanjut aduan masyarakat kepada pimpinan dan anggota dewan secara sistematis. Selain itu, keterbukaan informasi publik seluruh aktifitas dewan di ruang parlemen sejauh ini telah disampaikan secara terbuka kepada masyarakat.

“Seperti penggunaan sarana media dan informasi seputar aktifitas pembahasan di dewan seperti apa, perda apa saja yang sedang dibahas atau selesai dibahas, dan juga laporan hasil reses dan juga sosialisasi perda apa saja juga kita sampaikan secara terbuka melalui website resmi DPRD DKI. Inilah bagian kontribusi kita kepada masyarakat untuk peningkatan layanan kepada masyarakat sebagai ASN,” sambung Firmansyah.

Di lokasi yang berbeda, Gubernur Anies Baswedan memastikan bahwa seluruh kualitas layanan yang dihadirkan ASN Pemprov DKI Jakarta terus berkontribusi membangun Kota Jakarta dengan indeks reformasi birokrasi yang lebih baik.

“Dalam menuju kesana semua butuh proses yang harus menjadi kesepakatan bersama antara pemerintah daerah dengan masyarakat,” terang Anies melalui rapat virtual dari Balai Kota DKI Jakarta.

Sedangkan, Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB Agus Uji Hantara berharap agar seluruh pelayanan birokrasi yang berjalan di Pemprov DKI Jakarta terus mendapat proses evaluasi secara internal dan eksternal.

“Standar pelayanan Pemprov DKI harus bisa lebih baik walaupun sekarang sudah baik dari waktu ke waktu. Yang sudah tercapai kalau bisa terus tingkatkan dan yang belum selesai atau belum tuntas tentu harus ada perbaikan,” tandas Agus di rapat virtual yang sama. (DDJP/alw)