Tahun 2025, Momentum Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

January 6, 2025 5:33 pm

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Kevin Wu mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadikan tahun 2025 sebagai momentum peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurut dia, ASN harus lebih adaptif, profesional, dan inovatif dalam merespons hingga menindaklanjuti seluruh kebutuhan masyarakat Jakarta yang semakin beragam.

“Kami juga menekankan pentingnya efisiensi dalam pelaksanaan program. Sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang sia-sia,” ujar Kevin, Senin (6/1).

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Kevin Wu. (dok.DDJP)

Di era digitalisasi, sambung dia, penting bagi ASN memanfaatkan teknologi dalam rangka mempermudah akses masyarakat terhadap layanan dan mempercepat penyelesaian masalah.

Merespon pengaduan dengan cepat dan tepat bukan hanya soal menyelesaikan masalah, tetapi juga membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah.

“Seharusnya ini menjadi pemicu untuk membuktikan bahwa mereka mampu memberikan layanan yang lebih baik dan lebih berdampak bagi masyarakat,” kata Kevin.

Kevin mengatakan, ASN perlu memahami peran untuk memastikan seluruh program Pemprov DKI Jakarta benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat secara langsung.

Untuk itu, ASN perlu mendalami kebutuhan warga melalui pendekatan partisipatif, mendengarkan aspirasi masyarakat, dan mengedepankan kolaborasi lintas sektor.

Kevin juga mendorong ASN rutin mengevaluasi secara berkala terhadap program yang sedang berjalan. Tujuannya untuk memastikan program tersebut tepat sasaran, efektif, dan efisien.

“Selain itu, ASN harus meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan dan evaluasi rutin agar mampu memberikan solusi yang relevan dan inovatif,” tambah Kevin.

Komisi A DPRD DKI Jakarta, ungkap dia, berkomitmen terus mendukung program-program Pemprov DKI. Terutama terkait pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dukungan tersebut mencakup pengawasan ketat terhadap penggunaan anggaran, memastikan efisiensi, dan efektivitas dalam pelaksanaan program.

“Selain itu, kami akan terus mendorong komunikasi yang lebih baik antara masyarakat, pemerintah, dan DPRD untuk memastikan setiap permasalahan dapat ditangani dengan cepat dan tuntas,” tukas Kevin. (yla/df)