Sekretariat DPRD Siap Percepat Respon Aduan Masyarakat

July 25, 2020 4:14 pm

Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk selalu siap dan tanggap dalam merespon apapun bentuk aduan dari masyarakat secara cepat.

Hal tersebut sesuai Surat Keputusan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Nomor 22 Tahun 2020 tentang Pedoman Tindak Lanjut Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Citizen Relation Management (CRM).

Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD DKI Augustinus mengatakan, nantinya para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan DPRD akan ditugaskan untuk memantau CRM yang telah tersambung dengan 14 kanal pengaduan resmi milik Pemprov DKI sehingga dapat langsung memberikan respon ketika ada aduan masuk.

“Kami siap bersinergi untuk selalu memantau kanal-kanal itu dan secepat mungkin meresponnya, maksimal enam jam setelah aduan diterima,” katanya di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (24/7).

14 kanal resmi yang dimaksud yakni Jakarta Kini (Jaki), Twitter @dkijakarta, Facebook Pemprov DKI Jakarta, email atau surat elektronik dki@jakarta.go.id, akun media sosial Gubernur DKI, pesan singkat ke nomor 0811272206, situs Balai Warga www.jakarta.go.id, Qlue, pengaduan di Pendopo Balai Kota, pengaduan di kantor Inspektorat, pengaduan di kantor Walikota, pengaduan di kantor Kecamatan, pengaduan di kantor Kelurahan, serta melalui LAPOR 1708.

Selanjutnya Augustinus menjelaskan, aduan akan dianalisis untuk mengkoordinasi atau menetapkan bidang mana yang berwenang menindaklanjuti aduan hingga selesai.

“Setelah merespon, kami lihat dulu ini permasalahannya dibidang apa. Agar aduan bisa ditindaklanjuti dengan baik dan optimal. Misalnya aduan atau masukan tentang kurang bersihnya gedung DPRD, nah kami mandatkan agar bagian umum yang menjawab dan menindaklanjutinya,” tuturnya.

Agustinus berharap dengan dilakukannya percepatan respon ini dapat memberikan kepuasan layanan kepada masyarakat Ibukota.

“Ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, kalau masyarakat mendapat respon dan penyelesaian yang cepat, maka mereka puas akan kinerja kita,” tandasnya. (DDJP/gie/oki)