Ini Rekomendasi Komisi B terkait Gangguan Sistem Layanan Bank DKI

April 9, 2025 8:11 pm

Komisi B DPRD DKI Jakarta menggelar rapat kerja dengan jajaran direksi PT. Bank DKI untuk mencari solusi terkait gangguan sistem layanan yang telah dialami nasabah sejak akhir Maret 2025.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh memberikan tiga rekomendasi untuk PT. Bank DKI agar gangguan layanan tidak terjadi lagi di waktu mendatang.

Salah satu rekomendasi yakni melakukan audit. “Pertama, kami merekomendasikan untuk diaudit secara internal, lalu audit secara eksternal, secara menyeluruh melalui BPK ataupun OJK,” ujar Nova, Rabu (9/4).

Kedua, politisi Partai NasDem itu merekomendasikan agar PT. Bank DKI merotasi direksi dan menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai bidang dan keahliannya.

“Mereposisi jabatan-jabatan, jangan sampai orang yang kompeten ditaruh di tempat yang bukan bidangnya,” ungkap Nova.

Rekomendasi terakhir yakni, memiliki sistem real time untuk mendeteksi ancaman yang dapat menyebabkan gangguan pada layanan.

“Harus mempunyai alert system terkait dengan permasalahan yang ada di IT. Itu yang paling penting,” kata Nova.

Ia juga menyampaikan, telah meminta PT. Bank DKI secepatnya melakukan perbaikan layanan.

Dengan demikian, seluruh nasabah bisa kembali mentransfer antarbank dan melakukan pembayaran menggunakan QRIS melalui Aplikasi JakOne Mobile.

“Tadi, kami kasih target waktu secepatnya. Jangan sampai menimbulkan masyarakat ini tidak percaya terhadap bank,” pungkas Nova. (gie/df)