Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Jupiter mendorong Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) mengoptimalkan anggaran pameran luar negeri.
Cara tersebut demi memperluas pasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jakarta di kancah global.
Ia menekankan penggunaan anggaran itu harus benar-benar berdampak. “Salah satu konsen utama kami adalah bagaimana anggaran yang sudah disiapkan untuk UMKM,” terang Jupiter saat dihubungi, beberapa waktu lalu.
Keikutsertaan UMKM Jakarta dalam pameran internasional harus ditindaklanjuti dengan kerja sama konkret bersama perusahaan mancanegara.
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Jupiter. (dok.DDJP)
Karena itu, pameran ke luar negeri itu harus ditindaklanjuti dengan langkah konkret. Termasuk kerja sama berkesinambungan, terutama untuk ekspor jangka panjang.
“Ini bisa menjadi kebanggaan kita karena produk lokal Jakarta bisa dijual ke luar negeri,” jelas Jupiter.
Menurut dia, keberhasilan ekspor UMKM mendorong pertumbuhan usaha dan membuka lapangan kerja baru.
“UMKM itu ujung tombak perekonomian Jakarta,” ucap Jupiter.
Selain pameran internasional, Jupiter menekankan pentingnya memperkuat basis lokal melalui kegiatan bazar UMKM berbasis komunitas.
Kegiatan itu dinilai bisa menjadi sarana menjaga roda perekonomian tetap bergerak di tengah derasnya pemutusan hubungan kerja (PHK).
Bazar UMKM, tegas dia, perlu digencarkan di skala kecil. Misalnya di tingkat RT, RW, hingga kelurahan. Bahkan bisa juga berbasis komunitas.
“Itu bisa jadi ekosistem penting untuk menjaga daya beli dan membantu UMKM bertahan,” papar Jupiter.
Ia juga mengingatkan, pelaku UMKM perlu pendampingan dari dinas terkait. Baik yang terjun ke pasar internasional maupun yang menggerakkan ekonomi di tingkat lokal.
Tujuannya agar terus berkembang. Dinas harus memastikan ekspor berjalan lancar, mulai dari perizinan, kepabeanan, sampai pengiriman barang tepat waktu.
“Begitu juga untuk bazar lokal, fasilitasi dan dukungan nyata dari pemerintah akan sangat membantu,” terang Jupiter.
Jupiter turut membagikan pengalamannya saat kunjungan ke Los Angeles, Amerika Serikat. Produk Indonesia sangat diterima dalam pameran yang digelar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).
“Produk Indonesia punya kualitas baik dan mampu bersaing di negara maju. Kami optimis, kalau UMKM Jakarta dibina secara serius, mereka bisa go internasional,” kata Jupiter.
Ia berharap kombinasi strategi antara memperluas pasar ekspor dan menguatkan basis lokal dapat menjadi solusi jangka panjang.
Dengan begitu, meningkatkan daya saing, memperluas pasar, serta memperkuat ketahanan ekonomi Jakarta melalui sektor UMKM. (all/df)