Atasi Kesulitan Orangtua Calon Peserta Didik 

May 28, 2024 10:07 am

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria meminta Dinas Pendidikan (Disdik) menyiagakan call center yang proaktif menjawab pertanyaan seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 dengan baik.

Sebab selama PPDB berlangsung, orangtua calon peserta didik membutuhkan informasi dan petunjuk dari panitia untuk mengatasi kesulitan yang dialami demi kelancaran pendaftaran.

“Yang paling penting itu adalah dibentuknya call centre. Saya minta supaya masyarakat pada saat ada masalah bisa berkomunikasi langsung. Kalau enggak nanti emosi masyarakat bisa meluap-luap. Dia (masyarakat) bakal ngadunya ke dewan, ngadunya ke tempat lain akhirnya tidak terarah,” ujar Iman di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (27/5).

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria

Ia mengimbau Dinas Pendidikan melakukan pengecekan dan pemantauan rutin pada call center PPDB yang tersedia. Harapannya, semua permasalahan terkait PPDB dapat teratasi dengan baik dan cepat.

“Tadi kan mereka sudah kasih tau ternyata banyak (call center) yang belum efektif ataupun belum aktif. Makanya saya bilang yang terpenting itu. Memang tidak ada yang perfect tapi kalau ditangani cepat, respons cepat akan aman,” ungkap Iman.

Ia juga mengingatkan Dinas Pendidikan meningkatkan pelayanan dan menyiapkan sistem yang baik, agar keluhan yang terjadi pada tahun lalu tak terulang kembali.

“Kita ingin tahu kelemahan-kelemahan apa yang sudah diperbarui, supaya nanti kedepannya itu tidak akan ada permasalahan lagi,” harap Iman.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo menyatakan, siap melakukan evaluasi kinerja panitia PPDB tahun 2024 agar komunikasi dengan orangtua calon peserta didik berlangsung lancar.

“Usulan dan masukan itu akan kami jadikan perhatian penting selama proses PPDB berlangsung,” tandas Purwosusilo. (DDJP/bad/gie)