Wa Ode Herlina Gencar Bela Kepentingan Warga, Pernah Berprofesi sebagai Penjahit

January 4, 2024 12:23 pm

Siapa sangka Wa Ode Herlina yang saat ini menjabat sekretaris Komisi B (bidang perekonomian) DPRD DKI Jakarta pernah menjalani profesi sebagai seorang penjahit.

Mencalonkan diri lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ia berhasil meraih 8.851 suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Wa Ode resmi dilantik bersama 105 anggota terpilih lainnya pada 26 Agustus 2019 untuk menjabat di periode 2019-2024.

Perempuan pendatang baru itu bercerita bisa tertarik menjadi wakil rakyat karena sering berdiskusi dengan sang ayah terkait dunia politik.

Keinginan kuat untuk terjun ke dunia politik mendapat dukungan keluarga dan relawan. Selama sembilan bulan, ia berhasil menjangkau 401 titik di 44 kelurahan dan delapan kecamatan.

Tak mau buang-buang waktu, Wa Ode menemui dan mendengar langsung keluhan warga di Daerah Pemilihan Jakarta Pusat. Dari situlah ia mengetahui apa saja aspirasi dan kebutuhan yang diinginkan masyarakat.

Berbekal tekad kuat dan blusukan, perempuan kelahiran Buton 29 Mei 1967 itu optimistis bisa duduk di kursi legislatif Kebon Sirih. Meski tidak memiliki cukup uang untuk biaya kampanye.

“Masyarakat sudah cerdas mengamati sebelum memilih wakilnya. Buat saya yang penting tekad dan komitmen. Soal ketokohan, popularitas, dan kemampuan finansial bukanlah yang utama,” tandas Wa Ode Herlina.

Komitmen membantu warga Jakarta dibuktikan Wa Ode Herlina dengan sejumlah kebijakan yang diminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selama di duduk di Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Di antaranya, memprioritaskan alokasi anggaran untuk pangan murah bersubsidi hingga pemerataan air bersih di seluruh wilayah Jakarta.

Ia juga fokus membangkitkan usaha mikro kecil menengah (UMKM), serta meramaikan kembali Pasar Tanah Abang yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Asia. (DDJP/gie)